Gali Potensimu dengan Percaya Diri

Gali Potensimu dengan Percaya Diri

images

Saya percaya kalau masing-masing orang punya potensi yang hebat. Saya juga percaya bahwa orang dengan passion akan sesuatu bisa jauh melebihi orang yang mempunyai bakat. Semua hanya butuh keberanian. Percaya diri adalah salah satu cara untuk berani dan menunjukan potensi. Saya menyadari bahwa dalam menunjukan potensi yang ada pada diri saya ada begitu banyak hambatan dan rintangan yang sangat berpengaruh. Untuk itu saya terkadang bingung dalam betindak, karena takut gagal. Mau memutuskan, takut salah. Mau mencoba, takut resiko. Jika merasa bermasalah dengan percaya diri maka gali terus semua cara untuk mengatasi rasa percaya diri atau menumbuhkan rasa percaya diri supaya potensi yang dimiliki bisa lebih tereksplor. Mari untuk itu kita mulai proses membangun rasa Percaya Diri. Untuk itu lihat dan baca tips-tips atau cara untuk menumbuhkan dan membangkitkan rasa percaya diri :

  1. Berani menerima tanggung jawab
    Salah satu kunci untuk menumbuhkan rasa percaya diri yaitu berani menerima resiko dampak atau akibat yang akan terjadi. Ketika kita berani untuk mengambil resiko dan berani bertanggung jawab maka kita akan lebih meanambah pengalaman. Pengalaman-pengalaman yang kita peroleh akan membantu kita lebih percaya diri dalam mengambil dan berani dalam bertanggung jawab.
  2. Kembangkan nilai positif.

Jalan menuju kepercayaan diri akan semakin cepat manakala kita mengembangkan nilai-nilai positif pada diri sendiri. Pemikiran positif seperti itu perlu dibangun, untuk mengusir segala pikiran yang buruk, yang menyeret kepada kesengsaraan dan kedukaan. Menurut psikolog Robert Anthony, PhD., salah satu cara untuk mengembangkan nilai-nilai positif adalah dengan menghilangkan ungkapan-ungkapan yang mematikan dan menggantinya dengan ungkapan-ungkapan kreatif. Dengan pikiran yang positif dan jernih kejadian sulit tak akan membuat anda takluk dan menyerah. Meskipun pahit penderitaan akan menghasilkan buah yang istimewa bagi pikiran dan jiwa.

  1. Bacalah potensi diri.
    Segeralah lacak, gali, dan eksplorasi potensi sukses yang ada pada diri kita. Misalnya dengan bertanya kepada orang-orang terdekat. Termasuk juga mengikuti psikotes dan mendatangi para ahli seperti psikiater, dokter bahkan kiai untuk melacak potensi kita. Karena bisa jadi sangat banyak potensi yang kita miliki tanpa kita sadari, sehingga tidak berhasil kita gali.
  2. Berani mengambil risiko.
    Keberanian dalam mengambil risiko ini penting, sebab dari pada menyerah pada rasa takut alangkah lebih baik belajar mengambil risiko yang masuk akal. Cobalah menerima tantangan, kendati terasa menakutkan atau menciutkan hati. Cari dukungan sebanyak mungkin. Dengan melakukan hal ini, kita akan mendapat banyak peluang yang tak ternilai harganya. Namun jangan lupa, ketika mencoba sesuatu kita harus siap dengan hasil yang sesuai atau tidak sesuai dengan keinginan. Kalau hasilnya tak sesuai dengan keinginan, tetapi kita sudah mencoba, maka niatnya saja sudah menjadi amal. Orang yang gagal adalah orang yang tak pernah berani mencoba.
  3. Tolaklah saran negatif 

Tidak semua orang di sekitar kita memberikan dorongan, dukungan, dan bersikap positif pada kita. Sebagian dari orang yang ada di sekitar kita mungkin berpikiran negatif. Hal inilah yang tak jarang malah melunturkan rasa percaya diri kita dengan mempertanyakan kemampuan, pengalaman, dan aspirasi-aspirasi kita. Dengan demikian, mungkin ada baiknya jika kita sedikit mengambil jarak dengan sebijak mungkin bila ada pihak-pihak yang mencoba melunturkan kepercayaan diri kita.

  1. Ikuti saran positif.
    Rasa percaya diri merupakan sifat “menular”. Artinya, jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki cara pandang positif, bersemangat, optimis, dsb, maka kita memiliki kecenderungan untuk meniru sifat tersebut. Karena itu, carilah lingkungan yang bisa memotivasi kita untuk sukses. Kita harus mulai senang bergaul dengan orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk bangkit. Bergaul dengan orang-orang yang percaya diri akan berbeda dibandingkan bergaul dengan orang-orang yang gagal. Sebab bergaul dengan orang-orang yang percaya diri, Insya Allah semangatnya akan menular kepada diri kita.
  2. Jadikan keresahan sebagai kawan .

Banyak peristiwa atau saat-saat dalam kehidupan yang dapat membuat kita mengalami rasa cemas atau gelisah. Akibatnya, kita mengalami krisis percaya diri. Saat itulah kita harus mulai mengingatkan diri sendiri bahwa rasa cemas dan gelisah merupakan kawan. Tingkatkan energi, tajamkan kecerdasan, tinggikan kewaspadaan, dan kembangkan pancaindera. Dari pada menyia-nyiakan energi untuk kecemasan yang sia-sia, lebih baik menghadapi tantangan itu secara tegas dan efektif.

Semua orang bilang bahwa dengan percaya diri bisa dilakukan. Tetapi dengan percaya diri saja semua itu tidaklah cukup, harus ditambah dengan usaha yang sungguh-sungguh baru kemudian timbul percaya diri yang baik. Banyak orang yang sudah berusaha dengan sungguh-sungguh tetapi masih merasa takut untuk tampil. Hal ini biasa terjadi. Anda kalau mengalamai hal tersebut tidak perlu kawatir. Yang penting rasa takut itu justru menjadkan Anda untuk hati-hati sehingga tidak melakukan kesalahan. Jadi rasa takut tersebut dianggap sebagai pendorong, bukan penghambat.

 

sumber :

https://windalove.wordpress.com/2008/08/04/teknik-teknik-membangkitkan-percaya-diri/

http://jmaxindonesia.com/content/6-cara-untuk-menumbuhkan-rasa-percaya-diri

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/Peng.Pop/Kiat.Belajar/Membangun.Rasa.Percaya.Diri/all.htm

http://www.wiranurmansyah.com/yuk-kenali-potensi-dirimu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

86 − = 78